Selasa, 08 November 2011

Pretest Kelas Pak Ade Samsudin

aa
Mata Kuliah : Manajemen Belajar Mengajar (Dr. Didin Wahidin, M.Pd.)
Prodi/Kelas : Manajemen Pendidikan / Kelompok Pak Ade Cs
Jawablah dengan singkat dan jelas !!!
1. Dari sekian banyak penentu kualitas pendidikan, profesionalitas guru adalah penentu utamanya. coba beri penjelasan menurut anda guru profesional itu apa ? apa kriteria utama seorang guru dapat disebut sebagai guru profesional ? Apa upaya yang harus dilakukan agar guru terus berupaya untuk menjaga dan meningkatkan profesionalitasnya dalam melaksanakan tugasnya ?
2. Inisiatif guru menjadi kunci perbaikan kualitas pendidikan,kemukakan:
a. Apa peran guru dalam penyusunan KTSP di sekolahnya ?
b. Apa manfaat yang dapat diperoleh guru dari kegiatan "Lesson Study" ?
c. Apa yang dilakukan guru di MGMP dan apa manfaat langsungnya bagi guru ?
d. Apa itu penelitian tindakan kelas (PTK), apa manfaatnya bagi guru ?
e. Guru dituntut untuk membuat karya tulis ilmiah, apa manfaatnya bagi guru ?
3. Pada tahun 2015 dan seterusnya, pengangkatan guru hanya akan dilakukan bagi guru yang telah memiliki sertifikat pendidik. Sertifikat pendidik kelak dapat diperoleh melalui Pendidikan profesi guru (PPG) yang hanya akan dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan nyata tenaga guru di lapangan (terbatas). Beri penjelasan apa yang anda ketahui tentang pendidikan profesi Guru ? Setujukah anda terhadap kebijakan yang menyatakan bahwa calon guru hanya boleh dihasilkan olah LPTK sebanyak yang dapat diangkat oleh pemerintah untuk diangkat sebagai PNS sesuai dengan anggaran yang dimiliki pemerintah ? Dari mana kelak kebutuhan guru dipenuhi untuk sekolah swasta yang masih butuh tambahan guru ?
4. Sekolah berstandar Internasional mendapat sorotan tajam dengan pendapat pro dan kontra. Setujukah dengan kebijakan ini ? menurut anda apa kelebihan dan kelemahan sekolah beritaraf internasional yang kini dilaksanakan di Indonesia. Apa saran anda agar kebijakan pengadaan sekolah bertaraf internasional ini dilaksanakan dengan hasil maksimal ?
5. seperti yang kita ketahui, selain kemampuan-kemampuan yang terukur dan teramati (hard skills) kita pun diharapkan menanamkan kemampuan kemampuan lain (Soft skills) pada siswa kita. Apa yang anda ketahui tentang soft skills ? mengapa soft skills perlu dikembangkan ? berikan contoh-contoh soft skills yang perlu dikembangkan ! melalui kegiatan apa kita bisa mengembangkan soft skills di sekolah ?
6. Ada sinyalemen bahwa guru cenderung mengajarkan kognitif tingkat rendah kepada para siswanya, apa yang dimaksud kognitif tingkat rendah ? lalu yang mana yang tergolong tingkat tinggi ? Apa yang anda sarankan agar guru peduli terhadap pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi ?
7. coba anda beri penjelasan tentang berpikir nalar, berpikir kreatif dan berpikir kritis yang anda ketahui? Kemudian pilih salah satu jenis berpikir tersebut dan kemukakan bagaimana mengajarkannya kepada siswa kita !


Mohon dikumpulkan melalui didinwahidin1961@yahoo.com selambat-lambatnya tanggal 7 Juli 2012. Semoga kebahagiaan senantiasa mewarnai hidup anda di hari-hari yang akan datang.

Tidak ada komentar: