Senin, 04 Februari 2013

UJIAN AKHIR SEMESTER kelas Pak Yuda (angkatan 33/S2)

UAS KELAS Pak Yuda angkatan 33/S2
Mata Kuliah : Manajemen Belajar Mengajar (Dr. Didin Wahidin, M.Pd.)
Prodi/Kelas : Manajemen Pendidikan
Jawablah dengan singkat dan jelas !!!
1. Dari sekian banyak penentu kualitas pendidikan, profesionalitas guru adalah penentu utamanya. coba beri penjelasan menurut anda guru profesional itu apa ? apa kriteria utama seorang guru dapat disebut sebagai guru profesional ? Apa upaya yang harus dilakukan agar guru terus berupaya untuk menjaga dan meningkatkan profesionalitasnya dalam melaksanakan tugasnya ?
2. Kurikulum 2013 telah dicanangkan untuk segera berlaku, apa peran guru dalam kurikulum 2013 ? Apa kelebihan kuriklum 2013 dari kuriklum sebelumnya (KTSP) ? Apa alasan kuriklum 2013 dibuat ? Menurut anda Aspek manajemen apa yang diabaikan ketika kurikulum 2013 dibuat ? apa saran anda agar kurikulum 2013 bias diimplementasikan ?
3. Rintisan Sekolah berstandar Internasional mendapat sorotan tajam dengan pendapat pro dan kontra. bahkan kini telah diputus MK dan dinyatakan tidak boleh lagi ada di bumi Indonesia. Sapengetahuan anda apa alasan  MK memutus untuk menghentikan SBI atau RSBI ini ? menurut anda apa kelebihan / keunggulan dan kelemahan  sekolah beritaraf internasional yang dilaksanakan di Indonesia ?  mrnurut anda apa sebaiknya yang harus dilakukan agar keunggulan pada sekolah internasional tetap ada dan sekolah indonesia berdaya saing nternasional ? Dari fungsi fungsi manajemen, aspek yang mana yang menurut anda kurang baik hingga RSBI yang telah menghabiskan biaya besar harus dihentikan ?
4. seperti yang kita ketahui, selain kemampuan-kemampuan yang terukur dan teramati (hard skills) kita pun diharapkan menanamkan kemampuan kemampuan lain (Soft skills) pada siswa kita. Apa yang anda ketahui tentang soft skills ? mengapa soft skills perlu dikembangkan ? berikan contoh-contoh soft skills yang perlu dikembangkan ! melalui kegiatan apa kita bisa mengembangkan soft skills di sekolah ? beri gambaran bagaimana seorang guru berperan dalam menanamkan softskills ? 
5.  Pembelajaran di kelas-kelas kita banyak berfokus pada kognitis tingkat rendah, padahal pembelajaran itu selayaknya juga digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Coba anda jelaskan proses pembelajaran yang seperti apa yang dapat memberikan pengembangan keterampilan berpikir ? coba anda beri penjelasan tentang berpikir nalar, berpikir kreatif dan berpikir kritis dan berpikir tingkat tinggi yang anda ketahui? Kemudian pilih salah satu jenis berpikir tersebut dan kemukakan bagaimana mengajarkannya kepada siswa kita !  
6. berdasarkan tugas yang anda buat, model pembelajaran apa yang anda bahas (sebutkan judul tugas anda ) ? dapatkah model yang anda bahas di kelas tersebut diimplementasikan di kelas anda kelak ? apa keunggulan dan kelemahannya ? apa pra syarat yang harus dipenuhi jika anda ingin melaksanakan pembelajaran dengan model yang anda bahas ?
Mohon dikumpulkan melalui didinwahidin1961@yahoo.com selambat-lambatnya tanggal 26 oktober 2013 Semoga kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa mewarnai hidup anda di hari-hari yang akan datang.

Tidak ada komentar: