Minggu, 26 Januari 2014

Sambutan rektor

SAMBUTAN REKTOR Pada Acara Milad ke-54.l Universitas Islam Nusantara 30 November 2013
Assalamu’alaikum wr. wb. Yth. Ketua Badan Pembina, Badan Pengawas dan Badan Pengurus YIN Yth. Anggota Senat Guru Besar Universitas Islam Nusantara Yth. Ketua Ikatan alumni uninus Yth. Pimpinan Universitas, Fakultas, Program Studi, dosen dan karyawan uninus Yth. Pimpinan org. kemahasiswaan dan seluruh mahasiswa uninus Yth. Para undangan, hadirin yang kami muliakan
Puji dan syukur marilah senantiasa kita panjatkan ke hadirat ilahi Rabbi yang telah memberikan nikmat dan anugerah yang melimpah kepada kita semua termasuk nikmat yang kita peroleh hingga kita dapat mengikuti acara Peringatan hari kelahiran (milad) Uninus yang ke-54 di hari bahagia yang cerah ini. Sholawat dan salam semoga tercurah kepada junjunan alam Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, shohabatnya serta umatnya yang taat dan patuh mengikuti ajarannya hingga akhir zaman. Amin
Hadirin yang berbahagia, Saat acara acara kali ini, segenap sivitas akademika Universitas Islam Nusantara sedang merasakan kebahagiaan yang tak terhingga karena besarnya nikmat yang dianugerahkan oleh Allah SWT., antara lain berupa umur panjang lembaga pendidikan warisan para ulama ini, kini atau tepatnya pada tanggal 29 November 2013, Uninus genap berusia 54 tahun, atau lebih dari setengah abad Uninus mengabdi untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa ini.
Hadirin yang kami muliakan, Berkaitan dengan peringatan hari lahir uninus ini, kami menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Bpk / ibu / saudara sekalian di acara ini, dan tentu kami juga menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya kepada panitia penyelenggara milad yang telah bekerja keras untuk terselenggaranya acara ini dan berbagai acara yang diselenggarakan dalam memperkngati hari ulang tahun uninus ini. Juga kepada semua pihak yang telah berusaha bekerja keras untuk melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka peringatan milad ini. Sebut saja misalnya kegiatan wakaf mushaf al quran uninus, bimbingan manasik haji bagi anak anak, seminar internasional di FKIP dan kegiatan lainnya. Moga Allah swt membalas segala kebaikan yang bapak Ibu dan saudara saudara lakukan dengan pahala yang berlipat ganda. Hadirin yang kami muliakan, Sebagaimana dimaklumi, Uninus lahir atas inisiatif para ulama/cendikiawan Nahdlatul Ulama yang menghendaki munculnya cendikiawan muslim yang berakhlaq mulia, pada tanggal 29 Nopember 1959 dengan nama Universitas Nahdlatul Ulama (UNNU). Lalu gonjang ganjing situasi politik dan keinginan untuk berkiprah lebih luas, keinginan untuk tampil lebih inklusif, disertai dengan bergabungnya beberapa perguruan tinggi dengan UNNU antara lain dari Universitas Ibnu Khaldun, Akademi Pendidikan Agama Islam dan beberapa perguruan tinggi lainnya maka UNNU berganti nama menjadi Universitas Islam Nusantara (Uninus) sampai saat ini. Pergantian nama ini tidak serta merta mengubah garis perjuangan Uninus, segala upaya kita pun senantiasa tetap berpijak pada tiga pilar utama yang diwariskan para pendiri Uninus, yakni pilar-pilar Keilmuan, Keislaman dan Keindonesiaan seperti yang diabadikan dalam nama yang indah Universitas Islam Nusantara. Dan tetap dengan motto ”membina nilai-nilai lama yang baik dan menggali nilai-nilai baru yang lebih baik”
Hadirin yang kami muliakan, Sebagaimana umumnya yang dilakukan dalam peringatan ulang tahun, selayaknya kita melakukan muhasabah, melakukan evaluasi, mengkaji menelaah dan merenungkan apa yang telah dilakukan Uninus pada masa lalu, masa kini dan akan dilakukan masa yang akan datang, dengan pertanyaan pokok apa yang telah kita lakukan untuk mewujudkan cita cita para ulama dengan mendirikan uninus dan sudah sejauh mana keterwujudannya untuk kemudian ke depan kita sempurnakan agar pengabdian kita lebih bermakna bagi kita, bagi uninus, bagi bangsa indonesia dan bagi Islam sebagai agama kita ? Dan bagi kita sendiri sebagai sivitas akademika uninus sudah berapa besar kontribusi kita kepada tercapainya cita cita Uninus dalam upaya besar mencerdaskan kehidupan bangsa, tentu dalam kerangka pengabdian kita, ibadah kita kepada Allah swt.
Hadirin yang kami muliakan, Hari demi hari terus berlalu, masa silih berganti, dalam perjalanan panjang sejarahnya, uninus mengalami pasang surut silih berganti, keterpurukan dan kejayaan silih berganti, istilah sunda "pait peuheur" perjalanan kehidupan uninus sudah dialami, alangkah sangat berharganya pengalaman sejarah itu apabila kita dapat mengambil pelajaran, untuk uninus yang lebih baik dan lebih matang, di masa yang akan datang. Telah banyak yang dilakukan oleh uninus dalam pengabdiannya kepada bangsa ini, telah banyak prestasi yang diraih, telah banyak kontribusi uninus untuk bangsa ini, selain yang dilakukan secara langsung oleh uninus sendiri sebagai institusi, uninus telah menyumbangkan peran yang amat besar kepada bangsa ini dengan telah diluluskannya sekitar. 50.000 orang alumni yang mengabdi di berbagai bidang kehidupan dan di berbagai belahan nusantara ini, dan memberikan kontribusi terbaiknya kepada bangsa, negara dan agama islam yang sama sama kita cintai. Mudah mudahan pengabdian besar ini menjadi wasilah untuk terbukanya jalan pengabdian yang lebih mulia, lebih baik lebih besar lebih berkualita dan lebih bermakna bagi kebesaran bangsa dan umat manusia pada umumnya serta bagi kejayaan islam di masa yang akan datang. Mudah mudahan uninus tambah maju, tambah jaya dan tambah diterima oleh masyarakat. Dan segala permasalahan yang melilit uninus Amin ya rabbal alamin.
Hadirin yang kami muliakan, sebagaimana yang kita maklumi, di usinya yang ke 54 tahun ini uninus memiliki armada pengabdian yang cukup besar untuk ukuran perguruan tinggi swasta, kita saat ini memiliki 7 fakultas dan program Pasca sarjana, kita saat ini memiliki 25 program studi yang semuanya telah terakreditasi dengan jumlah mahasiswa sekitar 8 ribu orang dengan sekitar 500 orang dosen ke depan akan menghadapi tantangan yang tidak ringan, bahkan sangat berat. Terutama menghadapi tantangan globalisasi yang saat ini sudah di depan pintu. Jangan berpikir tantangan tingkat global, dalam lingkup yang lebih kecil kita menghadapi momen asean one community 2015. Ini bukan sesuatu yang kita hadapi dalam jangka yang masih lama, tahun 2015 itu hanya tinggal satu tahun lagi. Di saat itu kita harus secara bebas bertarung dengan berbagai perguruan tinggi yang akan masuk secara bebas ke indonesia dari berbagai negara di asean. Jika berhadapan dengan sesama perguruan tinggi anak bangsa kita terrbukti bisa bertahan selama 54 tahun, bisakah kita bertempur dengan perguruan tinggi dari negara lain ? Jika kinerja kita masih seperti saat ini maka jangan kaget jika sepuluh tahun yang akan datang uninus hanya ada dalam sejarah. Uninus hanya ada dalam dongeng bahwa di jalan soekarno hatta 530 pernah ada perguruan tinggi yang bernama uninus. Tentu kita semua tidak ada yang menginginkannya. Untuk itu kita harus melakukan upaya yang lebih keras untuk menaikkan kualitas kita dan world class university dengan berbagai tuntutannya adalah merupakan keniscayaan. Tidak bisa ditunda tunda. Kita harus canangkan mulai hari ini di sini di momentum ulang tahun ini. Siap !!! Are you ready ?
Hadiri. Yang kami mulyakan, Sebagaimana yang sudah kita sosialisasikan selama ini, uninus harus memiliki jati diri yang kokoh sebagai perguruan tinggi. Jati diri uninus itu terrangkum dalam uninus 136. Satu visi, tiga komitmen dan 6 sistem nilai anutan. Satu visi yakni : menjadi perguruan tinggi Islam yang unggul dan mandiri. Tiga komitmen, yakni : komitmen keilmuan, keislaman dan kenusantaraan atau kebangsaan. Sementara 6 sistem nilai anutan meliputi : keutuhandari sistem teologis, fisis fisiologis,logis rasional, etis, estetis, dan nilai teleologis.
Hadirin yang kami muliakan, Mulai hari ini kita harus tekadkan bermetamorfosis, bertransformasi dari kepompong malas yang bernama teaching university untuk secara sadar dan terprogram menuju research university dan akhirnya menjadi enterpreneur university. Ini memerlukan komitmen kita semua secara kompak menyatu dalam barisan yang solid, masing masing memberikan pengabdian terbaik sesuai dengan peran dan fungsinya. Tidak bisa sendiri sendiri tidak bisa lagi kita berada pada kondisi "nu nabeuh nabeuh nu ngampar ngampar" harus bersama, harus bersatu, bersatu atau mati !!! Seperti kita maklumi, untuk maju, sebuah universitas harus memiliki dosen yang tangguh dan produktif (dosen adalah jantungnya sebuah universitas), strong leadership, jaringan yang luas dan dana yang melimpah. Kita masih lemah pada semua sisi, karena itu maka kita harus melakukan lompatan besar ke depan, kita butuh leverage (kerja masif dan sistemik), bukan hanya perbaikan pelan tapi pasti tapi perbaikan cepat, luar biasa tapi pasti. Tidak cukup hanya mengandalkan tekad saja... Tapi butuh komitmen dan kerja keras, kalau kita tidak ingin tergilas. Tentu kita tidak perlu pesimis, kita harus optimis yang penting niat, istiqomah, sabar dan tawakkal... Menuju pada uninvus yang lbih baik.
Hadirin yang kami cintai, kami banggakan dan kami muliakan, Tentu saja pada saat merayakan milad ini, sangat patut kalau kita bersyukur kepada Allah yang Maha Kuasa, atas segala anugerah nikmat kepada kita sekalian khususnya sivitas akademika Uninus, selain itu kita pun sudah sepantasnya untuk berterima kasih kepada para founding fathers UNINUS (para perintis) antar lain Dr. KH Idham Khalid; Prof. Dr. H.A Sanusi, SH., MPA; KH. Subhan ZE (alm); KH E. Z. Muttaqien (alm); KH. A. Sudjai (alm); KH AA Akhsien (alm) ; KH.Hb. Utsman Alaydrus (alm). Juga kepada penerusnya, yakni: H. Sukrama Wirnaputra, SE.(alm); H.M. Nawawi (alm); Letjen TNI (purn) HA Roestandi, SH; Prof. Dr. H. Abin Syamsuddin M., MA.; Ir. H. Kusman Kusumanegara, MRP.; Prof. Dr. H. D. Sudjana, M.Ed. (Alm); Prof. Dr. H. Dedi Mulyasana, M.Pd. dan semua pihak, baik itu dosen, karyawan, mahasiswa dan alumni uninus yang telah merintis, mengawal, mengembangkan Uninus sejak kelahirannya hingga sekarang. Selain itu, secara khusus kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah RI dalam hal ini melalui Depdiknas / Kopertis wil IV Jabar dan Banten, Departemen Agama & Kopertais wil II Jabar & Banten atas segala perhatian, bantuan dan pembinaan yang berkelanjutan kepada kami hingga kami masih bisa terus mengabdikan diri di bidang pendidikan sampai saat ini. Juga tentu tidak lupa kepada semua pihak yang telah berjasa besar kepada Uninus yang tidak dapat disebutkan semuanya satu persatu, semoga segala pengabdiannya menjadi amal jariyah dan senantiasa mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Amin ya rabbal ‘alamin
Hadirin yang kami muliakan, Perkenankan saya untuk mengutip kembali puisi Tom Friedman pengarang buku “The world is flat” membuat puisi yang bagus untuk kita renungkan : Setiap pagi di Afrika seekor rusa bangun, dia tahu dia harus berlari lebih cepat daripada singa tercepat atau kematian akan menjemputnya. Setiap pagi singa bangun, dia tahu bahwa hari ini dia harus berlari lebih cepat dari rusa yang paling lambat, atau kelaparan akan membunuhnya. Kami tidak tahu apakah uninus termasuk rusa atau singa, yang jelas uninus harus lincah dan tangguh menghadapi keadaan yang akan semakin cepat berubah, atau uninus akan tergilas globalisasi dan merintih menjadi perguruan tinggi yang kalah, dan tinggal sejarah. na’uudzubillah tsumma na’uudzu billaahi min dzalik.
Hadirin yang kami muliakan, Di akhir sambutan ini, secara khusus, kembali kami sampaikan terima kasih kepada para pembantu Rektor, pimpinan fakultas, pimpinan program studi, para dosen, karyawan petugas lapangan kebersihan, petugas keamanan baik internal maupun aparat kepolisian, para wartawan dan semua pihak yang telah membantu suksesnya pelaksanaan peringatan hari ulang tahun atau milad uninus yg ke 54 ini, Semoga Allah SWT membalas dengan pahala berlipat ganda, amin. Rabbana la tuakhidna dst. Amin Yaa Rabbal ‘alamiin” Terima kasih, mohon maaf atas segala yang kurang berkenan,
Wallahul Muwaffiq ila aqwamith thorieq Bandung, 30 november 2013 Rektor,
H. Didin Wahidin

Tidak ada komentar: