Jumat, 21 November 2014

Mata Kuliah : Seminar Isyu-isyu Aktual Pendidikan Islam
Dosen : Dr. H. Didin Wahidin, M.Pd.
Program Studi : Pendidikan Agama Islam (S2)

1. Pendidikan agama yang mungkin kurang tepat bisa jadi memunculkan radikalisme dan fanatisme yang berlebihan yang menyebabkan keributan atau bahkan terorisme. Apa yang dapat menyebabkan terjadinya radikalisasi ? bagaimana menangggulangi radikalisasi berdalih agama ? siapa saja yang bertanggung jawab menanggulangi radikalisasi ?
2. Kurokulum 2013 memunculkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran, apakah hal itu berlaku juga untuk mata pelajaran agama Islam ? seperti apa sebenarnya pembelajaran dengan pendekatan saintifik itu ? coba sedikit gambarkan tentang aplikasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran pada mata pelajaran agama islam
3. Ada wacana menggabungkan pengelolaan madrasah ke kementerian pendidikan dan kebudayaan, setujukah anda ? apa kekurangan dan kelebihan penggabungan itu jika terjadi ? jika tetap pada kementerrian agama hal apa saja yang harus dilakukan agar madrasah menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas dan digemari masyarakat
4. Salah satu hal yang menyebabkan kualitas madrasah dipandang kurang berkualitas adalah pada masalah guru. Apa sajakah masalah guru di madrasah yang anda ketahui ? Jelaskan pendapat anda ! Bagaimanakah menaggulangnginya ?
5. Madrasah disinyalir kehilangan identitas dirinya, kehilangan rukh perjuangannya. Setujukah anda dengan pendapat ini ? mengapa ? lalu apa yang harus dilakukan agar madrasah kembali diandalkan masyarakat untuk mendidik anak-anaknya di masyarakat ? Jika bicara tentang keunggulan, keunggulan apa yang dimiliki madrasah dibandingkan dengan sekolah pada umumnya
6.Pendidikan agama dianggap sebagai salah satu penyebab kegagalan pendidikan di Indonesia, yang berdampak pada rusaknya karakter bangsa. setujukah anda ? jelaskan menurut anda faktor apa yang menyebabkan pendidikan agama tidak berdampak pada pembentukan karakter bangsa. Bagaimanakah seharusnya pendidikan agama dilakukan agar bermanfaat pada pebentyukan karakter bangsa
7. Keberhasilan orang dalam mengarungi kehidupan hanya 20 % yang ditentukan oleh hasil yang diperoleh dari bangku sekolah, selebihnya 80 % ditentukan oleh softskills yang dikuasainya. Apa itu Soft skills ? apa soft skills yang selayaknya dikuasai seorang lulusan magister pendidikan agama Islam ? bagaimanakah cara menanamkan softskills pada anak didik kita ?
8. Salah satu isyu penting dalam dunia pendidikan di Indonesia adalah kualitas. Menurut anda seperti apa pendidikan yang berkualitas itu ? apanya yang harus berkualitas ? Bagaimanakah mengukur kualitas sebuah lembaga pendidikan ? upaya apa yang harus dilakukan oleh lembaga pendidikan agar dia berkualitas ?
9. Coba kemukakan sekurang-kurangnya 1 ayat dari Al Quran dan satu hadits Rasul SAW yang terkait dengan pendidikan, akan lebih baik jika dibandingkan atau dikemukakan teori pendidikan (mungkin berasal dari barat) yang relevan dengan ayat atau hadits tersebut. Berikan penjelasan
10. Buat rangkuman satu paragraf (abstrak) yang secara komprehensif menggambarkan isi tugas yang anda susun utk mata kuliah ini ?
Dikumpulkan paling lambat tanggal 30 November 2014, agar tidak merepotkan anda, kirim melalui e-mail saya. didinwahidin1961@yahoo.com. Tentu akan lebih baik bila anda secara kolektif mengumpulkan hard copynya juga. Selamat bekerja, semoga sukses menyertai anda, amin.

Tidak ada komentar: