Sabtu, 15 November 2014

UJIAN AKHIR SEMESTER Mata Kuliah : Manajemen Belajar Mengajar (Dr. Didin Wahidin, M.Pd.) Prodi/Kelas : Manajemen Pendidikan (Kelas Pak Cecep)
Jawablah dengan singkat dan jelas !!!
1. Abad 21 sudah dimulai, era persaingan segera menjadi warna kehidupan kita , di mulai dari ASEAN, Asia Pasifik dan seterusnya. Menurut pendapat anda, Apa yang menjadi ciri dominan abad 21 ? keterampilan apa yang harus kita bekalkan kepada siswa kita agar mereka dapat menjalani kehidupan di abad 21 dan mampu bersaing dengan warga dunia yang lainnya ? Lalu, sebagai orang pendidikan, pembelajaran yang seperti apa yang seharusnya dilakukan guru agar mampu membekalkan keterampilan abad 21 ?
2. Sebagai keputusan politik, kurikulum 2013 harus dilaksanakan. Apa latar belakang kuriklum 2013 dibuat ? Menurut anda Aspek manajemen apa yang diabaikan ketika kurikulum 2013 dibuat ? Menurut anda apa faktor faktor yang dapat mengagalkan kurikulum 2013 pada tahapan implementasinya di lapangan ? Dalam kurikulum 2013 kita mengenal pendekatan saintifik, coba beri penjelasan !!
3. Pendidikan karakter telah merupakan komitmen bersama yang harus secara intensif kita laksanakan. Apa pendidikan karakter itu? Karakter yang mana yang menurut anda paling penting untuk saat ini ? Dengan cara /metode apa kita bisa melakukan penanaman karakter bagi anak didik kita ? Melalui kegiatan apa penanaman karakter sebaiknya dilakukan ? Siapa yang bertanggungjawab untuk menanamkan karakter itu, jelaskan ?
4. Seperti yang kita ketahui, selain kemampuan-kemampuan yang terukur dan teramati (hard skills) kita pun diharapkan menanamkan kemampuan kemampuan lain (Soft skills) pada siswa kita. Apa yang anda ketahui tentang soft skills ? mengapa soft skills perlu dikembangkan ? berikan contoh-contoh soft skills yang perlu dikembangkan ! melalui kegiatan apa kita bisa mengembangkan soft skills di sekolah ? beri gambaran bagaimana seorang guru berperan dalam menanamkan softskills ?
5. Menurut para ahli, 30 % kemampuan kreatif diperoleh secara genetis, 70% selebihnya dikembangkan melalui pembelajaran di sekolah. Sebaliknya 80 % kemampuan intelegensia diperoleh secara genetis sedangkan 20 % selebihnya diperoleh di sekolah. Berdasarkan informasi ini, bagaimana sebaiknya pembelajaran dikelola agar pembelajaran di kelas dapat mengembangkan keterampilan berpikir para peserta didik kita ? Jelaskan apa keterampilan kreatif itu? Sebutkan beberapa ciri orang yang bisa disebut sebagai orang kreatif ? Jika anda guru dan ingin mengembangkan kreatifitas sebut minimal 3 hal yang harus dilakukan di kelas.
6. Carilah hadits atau ayat dalam Alquran mengenai pendidikan yang menurut anda dapat dijadikan landasan pembelajaran yang anda kelola di kelas anda. (cukup satu atau dua hadits/ayat) Beri penjelasan secukupnya.
7. Buat rangkuman satu paragraf (abstrak) yang secara komprehensif menggambarkan isi tugas yang anda susun utk mata kuliah ini ?
Mohon dikumpulkan melalui didinwahidin1961@yahoo.com selambat-lambatnya tanggal 25 November 2014 pkl 00. Kumpulkan pula tugas yg anda buat secara kolektif. Semoga kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa mewarnai hidup anda di hari-hari yang akan datang. Selamat bekerja...

Tidak ada komentar: